Flow meter untuk diesel

Diesel Flow Meter
Fuel Flow Meter
Flow meter solar
Flow meter genset

Diesel flow meter atau  engine flow meter merupakan flow meter guna memantau besarnya flow rate dan sekaligus banyaknya fuel oil atau solar yang telah digunakan oleh engine ataupun diesel.

Flow meter untuk mendeteksi aliran solar atau fuel ini banyak sekali pemakainya seperti untuk transportasi, boiler, alat berat maupun generator set.

Dengan di pasang flow meter pada alat berat ataupun transportasi besarnya bahan bakar solar yang telah digunakan oleh engine bisa diketahui dengan aktual.. Seperti yang banyak diketahui bahan bakar solar harganya cukup mahal sehingga perlu dilakukan pengecekan kebutuhan rutin dari solar untuk oprasional alat berat ataupun alat transportasi. Hal ini guna menghindari pemborosan pengunaan solar yang salah satunya diakubatkan oleh ulah nakal para sopir. Karena itu guna memantau penggunaan kebutuhan solar secara faktual adalah dengan memasang flow meter sehingga kebutuhan aktual dari bahan bakar dapat diketahui seakurat mungkin. Karena pemantauan kebutuhan solar tidak bisa hanya didasarkan pada jarak perjalanan ( Kilo meter ) hal ini dikarenakan kemacetan jalanan yang makin parah membuat akurasi kebutuhan bahan solar berdasarkan kilometer tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Baca Juga : Flowmag WMAG 30 Flow Meter

Bahkan untuk peralatan tertentu seperti truk mixer beton, mobile crane, forklift dan lainnya justru pada saat peralatan tersebut berhenti/tidak bergerak justru banyak membutuhkan bahan bakar karena mesin/engine/diesel dari alat tersebut tetap hidup dan butuh bahan bakar sehingga berapa besar kosumsi bahan bakar yang telah digunakan oleh alat berat tersebut dapat di pantau secara aktual lewat flow meter yang diapasang di mesin..

Flow meter diesel ini harus mempunyai spesifikasi sesuai dengan jenis alat berat yang digunakan dan juga berdasarkan kapasitas atau besarnya power dari engine/diesel . Dan yang perlu diperhatikan sumber energi guna mengaktiflkan flow meter diesel kebanyakan tegangannya adalah DC.

Installasi flowmeter ini untuk flow sensornya di pasang di jalur aliran solar setelah fuel filter sedangkan untuk indicator bisa dipasang di dashboard dekat pengemudi. Sistem pemasangan flow sensor solar dengan menggunakan fiting dan bisa dihubungkan ke selang solar.dengan menggunakan clamp.

Flow meter solar untuk genset atau mungkin bisa disebut dengan genset fuel meter dapat dipasang setelah filter solar atau fuel filter sebelum pompa injector dan untuk indicator dari flow meter bisa dipilih yang integral atau mungkin flow meter dengan sistem remote dimana indicator bisa dipasang di panel atau tempat lainnya.

Jadi penggunaan flow meter solar atau atau deisel fuel meter  mempunyai multifungsi,  yang memonitor flow bahan bakar dan konsumsi bahan bakar saat operasi mesin, menganalisa performa mesin diesel serta untk genset yang tidak ada pengawasan langsung sperti di tower telekomunikasi atau pemancar lainnya dapat dijadikan alternatif mencegah pemborosan konsumsi bahan bakar karena kebocoran tanki penimbun atau karena pencurian bahan bakar solar

Ada beberapa jenis Flow Meter solar untuk genset atau Genset fuel flow meter, untuk aliran bahan bakar dari 5l/jam hingga  1 dan 500 liter per jam, dengan sitem integral ataupun sistem transmitter sehingga bisa dipantau dari jarak jauh lewat satelite atau internet atau hand phone.

Seri genset fuel flow meter yang beroperasi pada prinsip putaran piston, yang dipasang di ruang, dan kecepatan berputar diukur oleh sensor elektronik yang merekam pulsa magnetik, jumlah pulsa yang sebanding dengan laju aliran yang sebenarnya. Desain khusus ini  memungkinkan aliran utama fuel oil dapat terbaca, bahkan jika ruang pengukur menjadi tersumbat, meskipun filter tidak melindungi ruang dari kontaminasi dan dapat dihapus dan dibersihkan tanpa membongkar fuel flow meter sendiri. Secara konstruksi Fuel flow meter ini didisain dengan konstruksi yang khusus dan kuat menggunakan matrial Alumunium alloy, dengan proteksi  IP54 , Engine Flow meter dapat dipasang dalam posisi apapun dan tahan terhadap getaran dan shock hidrolik.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.