Flow Meter untuk mengukur debit dan volume air buangan yang melewati pipa besar biasanya tidak penuh dan selalu memiliki ruang udara yang mengakibatkan tidak memiliki keakuratan pada setiap fungsi flow meter. tetapi untuk kasus ini kami memiliki solusi bagi anda yang memiliki masalah seperti ini.

 

Flow meter untuk buangan pipa Jain Technology Xonic 100LOFlow meter untuk buangan pipa Jain Technology Xonic 100LO

Gambaran Umum Ultrasonic Flow Meter

Ultrasonic Flow Meter merupakan flow meter yang cara kerjanya mengukur atau mengitung kecepatan aliran suatu fluida dengan menggunakan ultra sound untuk akumulasi flow rate. Dengan diketahuinya Kecepatan aliran maka dapat di hitung flow rate dengan mengetahui luasan penanmpang suatu jalur aliran. Pengertian Ultrasonic Flow Meter banyak diketahui sebagai flow meter yang sistem instalasinya dengan menggunakan sistem non contact dimana sensor atau transducer tidak contact langsung dengan fluida. Karena cara instalasinya non contact atau clamp on maka flow meter ultrasonic dikenal sebagai flow meter portable.

Begitu juga untuk sistem instalasi insertion flowmeter ultrasonic cara pemasangnya adalah dengan melubangi pipa yang kemudian dipasang fitting dan sensor ultrasonic atau transducer dimasukan dalam fitting dan pipa yang telah di lubangi. Dari sensor tersebut dengan menggunakan cable di teruskan ke dalam ultrasonic transmitter guna menghitung velocity maupun flow rate fluida dalam pipa.

Prinsip Kerja Ultrasonic Flow Meter

Konstruksi dari flow meter jenis ini dapat dilakukan dengan menggunakan transduser upstream dan downstream, pipa sensor dan reflektor. Prinsip kerja dari ultrasonik flow meter adalah, menggunakan gelombang suara untuk menyelesaikan kecepatan cairan di dalam pipa. Ada dua kondisi di dalam pipa seperti tidak mengalir dan mengalir. Pada kondisi pertama, frekuensi gelombang ultrasonik ditransmisikan ke dalam pipa & indikasinya dari fluida serupa. Pada kondisi kedua, frekuensi gelombang yang dipantulkan berbeda karena Efek Doppler.

"Prinsip

Setiap kali cairan mengalir dalam pipa dengan cepat, maka pergeseran frekuensi dapat ditingkatkan secara linier. Pemancar memproses sinyal dari gelombang & pantulannya menentukan laju aliran. Pengukur waktu transit mengirim & menerima gelombang ultrasonik di kedua arah di dalam pipa. Pada kondisi tanpa aliran, waktu yang dibutuhkan untuk mengalir di antara hulu & hilir di antara transduser adalah sama.

Di bawah dua kondisi mengalir ini, gelombang di hulu akan mengalir dengan kecepatan lebih kecil dari gelombang hilir. Saat cairan mengalir lebih cepat, perbedaan antara waktu naik & turun meningkat. Waktu hulu & hilir diproses oleh pemancar untuk menentukan laju aliran.

Baca Juga : Clamp on Ultrasonic Gas Flow Meter Xonic 100GC

Jain Technology Xonic 100LO

Xonic 100LO dikembangkan untuk mengukur pipa saluran pembuangan yang terisi penuh dan sebagian. Ini memiliki transduser 4 jalur yang dirancang khusus yang memungkinkan sistem mengukur aliran rendah di tengah malam dan aliran tinggi selama musim hujan. Dibandingkan dengan flowmeter doppler, desain ini tidak pernah mengganggu aliran dan mudah dipasang dan dirawat.

Aplikasi Jain Xonic 100LO

Xonic 100LO dirancang khusus untuk mengukur penuh dan sebagian pipa saluran pembuangan yang di isi. Ini mengukur kecepatan aliran langsung dengan 4 jalur transduser dan menggunakan pemancar level untuk menerima data level.

Baca Juga :Jain Xonic 10G Ultrasonic Gas Flow Meter

Fitur Jain Xonic 100LO

Akurasi Tinggi

Pengukur aliran ultrasonik Transit-Time memiliki kinerja yang luar biasa daripada tipe doppler karena menggunakan transduser 4 jalur untuk mengukur kecepatan setiap jalur.

Pipa Penuh dan Aliran Rendah

Xonic 100LO dapat mengukur aliran yang sangat rendah di tengah malam dan pipa penuh selama musim hujan.

Reduce Maintenance Cost

Desain yang dipatenkan bebas dari pasir dan sedimen. Jadi, transduser tidak memerlukan pemeriksaan rutin.

Baca Juga : Mengukur Debit Pada Bendungan Open Channel

Kompensasi Aliran

Ketika sedimen terbentuk, sistem mengkompensasi aliran dengan mengoreksi luas penampang.

Alarm Setoran Lumpur

Peringatan sistem hanya ketika bubur ditumpuk di dekat area sensor, dan pengguna harus memeriksa lokasi dan membersihkan pipa. Oleh karena itu, inspeksi lokasi secara teratur tidak diperlukan dan biaya perawatan dapat dikurangi
secara signifikan.

Produk Pertumbuhan Rendah Karbon & Hijau

Xonic 100LO is low carbon & green growth product with low power consumption. It can also be operated with solar power energy.

Spesifikasi

  • Principle AR(Anti-Round), Transit-Time Cross Correlation
  • Measuring Path 4 path
  • Measuring Width 150~800mm
  • Velocity 0~10m/sec
  • Accuracy 2%
  • Data Input 4-20mA (level meter)
  • Data Output 4-20mA, Relay, RS232C/485 modbus
  • Display Large Color LCD 128×64
  • Temperature Electronics: -20~+75°C / Transducer: 0~+60°C
  • Power AC110~220V
  • Protection Degree Enclosure: IP65 / Transducer: IP68 submersible

Download Katalog : Ultrasonic Sewer Pipe Flowmeter (Xonic 100LO)

Demikian artikel “Flow meter untuk buangan pipa” semoga dengan membaca artikel ini para pembaca menemukan solusi yang tepat dengan kasus yang seperti di artikel ini, semoga bermanfaat.